Jumat, 21 Oktober 2011

Persiapan Bike To Work | Tips

Saat ini berbagai macam alasan mengapa orang melakukan aktivitas bike-to-work, yang diantaranya adalah;
  • Peduli Kesehatan Lingkungan (Reduce Pollution Supporters)
  • Sarana Transportasi Murah dan Bebas Macet
  • Mencari Nafkah (b4w = bike-for-work)
  • Healthiness & Fitness
  • Hobby
  • Life Style
Sejak deklarasi bike-to-work Indonesia (b2w-Indonesia) pada tanggal 27 Agustus 2005, semakin banyak masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Terlebih-lebih seiring dengan semakin melambungnya harga BBM belakangan ini, membuat sebagian masyarakat mulai melirik sepeda sebagai salah satu sarana transportasi yang murah sekaligus menyehatkan.

Bila anda ingin memulai ber bike-to-work atau membuat perjalanan bersepeda anda menjadi lebih nyaman, aman dan tentram, petunjuk berikut ini bisa membantu anda dalam melakukan persiapannya, semoga bermanfaat.

1. PERSIAPAN RUTE PERJALANAN
Bila ini adalah perjalanan bike-to-work anda yang pertama kali, sangat dianjurkan anda mengenali terlebih dahulu rute yang akan dilalui. Perhatikan lokasi warung untuk beristirahat maupun tukang tambal ban, atau rumah kerabat yang dilalui seandainya diperlukan dalam keadaan darurat.
Anda juga perlu memastikan dimana akan memarkir sepeda anda, apakah dalam ruang kantor anda, depan lift barang, parkiran sepeda-motor, atau tempat lainnya. Sebaiknya sepeda selalu dalam keadaan diikat/terkunci apabila diparkir di tempat umum terbuka, dan jangan lupa melepas komponen-komponen kecil seperti cyclo-meter, lampu penerangan depan, tool bag dan lainnya.
Pastikan dimana tempat anda akan membersihkan diri, apakah toilet eksekutif, kamar mandi musholla atau pos satpam. Sedangkan perlengkapan mandi seperti sabun, shampoo, handuk kecil dan sebagainya bisa ditinggal di kantor saja demi kepraktisan.
Ada baiknya anda mengunjungi www.b2w-indonesia.or.id untuk mencari teman seperjalanan, karena bagaimanapun juga bersepeda secara berkelompok sangatlah dianjurkan, khususnya bagi para pemula. Disamping ada banyak lagi informasi mengenai bike-to-work termasuk forum berdiskusi hal yang terkait dengan bike-to-work.
Siapkan kondisi badan dengan baik dengan cukup tidur dimalam sebelumnya, serta sarapan ringan sebelum berangkat bersepeda.

2. PERSIAPAN SEPEDA
- Periksa tekanan angin ban selalu diatas 30 PSI untuk mencegah snake bite.
- Pastikan rem berfungsi dengan baik.
- Pastikan rantai dalam kondisi terlumasi dengan baik.
- Pastikan transmisi (rear & front derailleur) berfungsi dengan baik, jika ada.
- Pastikan semua baut dan mur dalam posisi terpasang erat.

3. PERALATAN SEPEDA (Tools Kit)
Ada baiknya anda selalu membawa peralatan (tools kit) yang sangat bermanfaat pada saat kondisi darurat, minimal seperti di bawah berikut ini:
- Kunci Hexagonal no.4, 5 dan 6
- Chain Tools (untuk bongkar pasang rantai)
- Obeng kecil + dan – (untuk setel deraileur & Vbrake) 
- Tang Potong Kecil / Pisau lipat
- Cable Ties panjang 20cm minimal 6 buah
- Perangkat tambal ban
- Lever pengungkit ban
- Ban dalam cadangan
- Pompa Ban dengan dual-head


4. PERANGKAT KESELAMATAN & KESEHATAN
- Helmet, ini merupakan perangkat yang wajib digunakan yang mengurangi efek negatif akibat benturan pada kepala yang sekaligus befungsi mengurangi panasnya sengatan matahari.
- Masker udara/debu, sangat bermanfaat untuk melindungi paru-paru dari udara berpolusi.
- Sarung Tangan, sangat diperlukan untuk membuat genggaman yang erat pada handle bar khususnya pada saat tangan berkeringat; disamping dapat melindungi tangan jika terjatuh.
- Kacamata, jelas bukan untuk sekedar bergaya, tapi juga mampu melindungi mata dari deraan asap atau debu secara langsung, juga kerikil jalan yang melejit kearah mata.
- Lampu Belakang Merah yang terang sangatlah penting untuk tetap terlihat dengan mudah oleh kendaraan bermotor dibelakang kita saat bersepeda. Lebih baik lagi apabila yang dapat bekelap kelip dengan terang. Selalu nyalakan lampu ini sekalipun pada siang hari.
- Lampu Penerangan Depan, sangat membantu pengendara lain dari arah berlawanan untuk mengenali posisi anda bersepeda.
- Kunci/ Pengaman Sepeda (cable lock) untuk mengamankan sepeda saat di parkir.
- P3K jika terjadi kecelakaan ringan.


5. PAKAIAN
- Baju berbahan kaos yang nyaman, lebih baik lagi yang lengan panja

- Celana Pendek atau ¾

- Bandana untuk mencegah keringat kepala mengucur ke mata/ muka.

- Jas Hujan yang ringkas dan ringan.

- Tas Punggung (bag pack) untuk membawa pakaian dan perlengkapan lainnya.

- Sepatu olah raga.

Setelah semuanya tersedia dan diperiksa dengan baik, jangan lupa untuk selalu ber DOA ketika mulai menggenjot sepeda dan ketika tiba ditujuan.

Semoga Allah SWT selalu melindungi kita ketika bersepeda.

Dari berbagai sumber

Tulisan yang berhubungan :
Bike To Work




3 komentar: