Rabu, 23 Mei 2012

Ukuran Travel Fork MTB | Tips


Suspensi depan, Merupakan bagian sepeda yang berfungsi menghubungkan roda (whellset) depan dengan kemudi (handlebar). Fork yang beredar di pasaran tersedia berbagai jenis, merek dan ukuran. Ukuran travel fork setiap jenis sepeda gunung berbeda, tergantung pada spesifikasi, fungsi dan kebutuhan.

Panjang pendeknya travel fork juga akan berpengaruh pada :

a.     Tinggi rendahnya handlebar
b.     Kenyamanan
c.     Kestabilan
d.     Kecepatan/speed

Semakin panjang travel fork, maka handlebar akan semakin tinggi, semakin nyaman, semakin stabil tetapi speed akan berkurang. Untuk medan aspal gunakan fork dengan panjang travel standart, sedangkan untuk penggemar downhill biasanya menggunakan travel yang panjang (jangan terbalik lho ya….jangan sampai downhill menggunakan travel fork pendek atau bahkan menggunakan rigid fork, malah mirip jaran kepang yang suka gulung gulung, bisa bisa gulung tikar tuh, heheheheeee..)

Berikut ini aku tuliskan ukuran travel fork dan juga fungsinya :

·     80mm, 100mm, 120mm                                 kategori XC (cross country)
·     120mm, 130mm, 140mm, 150mm              kategori Trail/AM (All Mountain)ringan
·     150mm, 160mm, 170mm                              kategori  All Mountain serius.
·     170mm keatas                                                  kategori Freeride/Downhill

Oh ya, mumpung ingat, semoga dengan mengetahui ukuran travel fork maka kita akan mengetahui kategori manakah sepeda gunung kita.

Semoga bermanfaat.


Untuk komentar, kritik, ide dan saran silahkan tulis di bawah ini.

131 komentar:

  1. bos klau liat ukuran travel kita dimana ya....?maklum newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Agam, terimakasih sudah mau berkunjung di blog saya ini. Mas Agam jangan bilang masih newbie dong, saya juga tidak lebih tau dari Anda kok, heheheee....
      Ukuran panjang travel fork bisa diukur pada pipa bagian fork yang bisa bergerak naik turun (seperti gambar diatas adalah bagian yang berwarna chrome/emas). Seberapa panjang pipa tersebut.
      Mas Agam bisa mengukurnya menggunakan penggaris biasa, tetapi satuannya menggunakan mm (millimeter).
      Semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. apakan ukuran travel fork itu untuk semua merk fork??
    ane pake xcr (ukuran itu berlaku untuk type fork ini... Mohon iNfo nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Adi, terimakasih telah berkenan mampir ke blog saya.

      Mas Adi, ukuran travel fork berlaku universal, termasuk berlaku juga pada fork yang mas Adi gunakan. Setiap pabrikan mempunyai beberapa type dari satu merk. Misalkan fork yang mas Adi gunakan, (kalau tidak salah), merk SR Suntour dengan type XCR. Disamping type XCR, SR Suntour juga mengeluarkan beberapa type, diantaranya adalah type XCT, XCM, Axon, Epicon, Raidon, Durolux dll. Setiap type mempunyai perbedaan dalam fungsi (termasuk ukuran panjang travel fork), fitur, bahan dll dan yang pasti beda harga. Jadi mas Adi tetap bisa menggunakan ukuran tersebut diatas sebagai acuan.
      Semoga membantu dan bermanfaat.

      Hapus
  3. Gan aku punya MTB travel asli waktu beli 60mm...misal aku ganti yang 100mm ato 110mm kira-kira cocok gak ya?
    mohon pencerahannya...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prinsip mengganti part sebenarnya sederhana, sesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi. Bisa saja fork Anda diganti dengan ukuran yang berbeda, tetapi kembali kepada kebutuhan Anda.
      Dalam hal ini, apakah Anda benar2 butuh mengganti fork dengan ukuran tersebut? (sekedar mengingatkan, ukuran 100mm untuk cross country).
      Apakah dengan mengganti fork akan meningkatkan fungsi dari sepeda Anda? (fungsi cross country, bukan untuk medan extreme).
      Jika jawabannya iya, maka Anda telah siap untuk pergi ke toko sepeda untuk membeli fork yang baru.
      Semoga membantu.
      Selamat berburu......

      Hapus
  4. siang agan wahyu.. saya mo tnya.. ane bru awam mke mtb.. jd blm tau jelas tntng mtb. ane pnya spda mtb peugeot th 96 klo g slh.. pnya bokap. ane mo gnti suspensi dpnnya.. krn msh standar n blm suspension. wktu d cek trnyta oversice jd bs d gnti yg pke suspension. kr2 klo gnti yg ukran brp ya/ 80,100/120? biar lbh kren n maco aja...he4.. bnyk sih yg mo dgnti jg...he4... thanx ya gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti jawaban saya pada pertanyaan sebelumnya, inti penggantian part adalah sesuaikan dengan kebutuhan.
      Kalo sekedar untuk menunjang penampilan, maka saran saya adalah gunakan fork yang ukurannya besar. Dengan ukuran fork besar, maka sepeda agan akan keliatan padat berisi. Apalagi jika kedua roda diganti sekalian ke ukuran yang besar. Makin keliatan berotot.
      Tapi sekedar mengingatkan, kaki kaki yang terlalu besar, akan mengakibatkan kayuhan terasa lebih berat.

      Hapus
    2. Maaf mas..mau nanya nih, ukuran besarnya itu mulai dari ukuran berapa yah forknya? Trus ukuran ban jga untuk menunjang penampilan yang padat berisi..mulai dari ukuran ban berapa yah ?

      Hapus
  5. untuk fork yang hitam kedua dari gambar diatas mah prinsip pemasangan nya bagaimana ya mas..?
    Pengen ganti kaya upside down KLX gitu, masalahnya boros nggak ya biaya gantinya, mtb saya pake fork xcm sr suntour, stem zoom pendek over size, and stang united oversize, banyak yang perlu di ganti nggak mas, and biaya fork seperti itu berapaan ya mas, mohon bantuannya, thanks : )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tentang biaya dan berapa banyak part yang dibutuhkan, saran saya lebih baik agan bawa saja sepeda agan ke toko sepeda langganan agan, sehingga akan lebih jelas.
      Sekedar tambahan, fork yang agan maksud itu adalah yang biasa digunakan untuk medan downhill. Kurang cocok untuk medan datar apalagi tanjakan.

      Hapus
  6. gan minta saran dong, saya pake sepeda pacific Tranzline 300 kira" cocok kah menggunakan fork 140mm, minta sarannya saja om soalnya saya lebih suka maen MTB ketimang di aspal, thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok tidaknya kembali ke ente sendiri, MTB kelas ringan apa serius? kalo saya saranin mending ambil fork RST first air suspension 120mm (kalo trek MTB ringan masih campur aspal), tapi kalo bener" MTB serius ya ambil fork rockshox Sektor TK 150mm Solo Air.

      semoga membantu ya gan

      #bantu TS jawab

      Hapus
    2. Terimakasih agan ald1, sudah membantu menjawab. Sekedar menambahi, maksud agan suka maen mtb ketimbang di aspal itu mtb yang bagaimana?
      Kalo fork ukuran 140 memang cocok untuk mtb dengan medan sedang. Tetapi untuk cocok tidaknya dengan sepeda agan, saya kembalikan ke agan lagi. Kecocokan itu tidak bisa dipisahkan dengan selera.

      Hapus
  7. Gan, saya punya extrada 5, kalo ganti Fork 120 dengan kegunaan untuk onroada dan off road ( JPG ) apakah enak untuk handlingnya ?

    Untuk tanjakan di offroad apakah 120 mengakibatkan ban akan naik / terangkat

    Perubahan fork tersebuta apakah akan ada penggantian part lainnya.

    Salam gowes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam gowes agan Tri Apung.
      Waduh....maaf....saya belum pernah ke JPG, jadi saya pribadi belum bisa memberi saran tentang fork yang paling cocok. Tetapi sebagai gambaran saja, bahwa fork 120 lebih cocok untuk medan ringan. Untuk kesesuaian dengan medan di JPG, agan bisa bertanya dengan rekan2 agan yang sudah pernah melibas JPG, agar lebih afdhol.

      Hapus
  8. saya orang awam nih mau tanya?kok suspensi sepeda mahal sigh bang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga juga.
      Suspensi sepeda banyak jenis dan macamnya. Mulai ratusan ribu sampai jutaan.
      Kalo yang agan maksud mahal itu mungkin memang sesuai dengan kwalitas barang. Seperti fork untuk downhill, demi keamanan, pabrik menggunakan bahan dengan kwalitas terbaik. Agar mengurangi resiko saat digunakan, patah misalnya. Seperti menggunakan bahan dari titanium.
      Lebih singkatnya, harga menyesuaikan kwalitas.

      Hapus
  9. itu fork kira kira harganya berapa bang?

    BalasHapus
  10. Wah manteb share nya mz , bermanfaat bgt ... Ayo belanja Sparepart Mtb Murah Terpercaya di www.waroengpit.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih gan.
      Semoga dagangan agan juga laris manis.... Ntar bagi2 lho ya.....

      Hapus
  11. gan mau tanya,, sdebenarnya fork sepeda bisa diperbaiki ga sh,.. hehee maklum awam gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja gan, tapi tergantung kerusakan dan ketersediaan part.
      Misal mengganti pegas. Kalaupun tidak ada part, bisa dilakukan kanibal dari fork sejenis yang pegasnya masih baik.
      Tapi jangan pernah memaksa memperbaiki fork yang rusak parah, alih alih karena ingin irit tapi malah mengesampingkan keselamatan agan sendiri.
      Be save.....

      Hapus
  12. Om mau tnya frame bh peak bsa ga pke travel 140mm

    BalasHapus
  13. masih belum terlalu memahami spesifikasi sepeda gunung namun berniat untuk memberi solusi dari kebingungan dalam memilih sepeda gunung terbaik menurut kriteria dari usernya dengan membuat suatu sistem pendukung keputusan pemilihan sepeda gunung, untuk cross country dan all mountain , ada saran ??

    BalasHapus
  14. Biar gak repot kalo mau nanjak sama turunan bermedan ringan pilih mtb jenis XC travel forknya 80-120 selebihnya untuk travel di atas 120 SUSAH nanjak dan untuk turunan extreme

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar.
      Untuk ukuran diatas 120mm, akan terasa berat untuk medan tanjakan.

      Hapus
  15. ijin tulis ulang gan artikelnya, salam gowes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan.
      Sertakan juga link saya.
      Terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  16. mohon komennya untuk:

    http://ekoprobo.wordpress.com/2013/04/08/salah-kaprah-all-mountain-am-dan-cross-country-xc/

    yang menyatakan bahwa AM n XC bukan dari fork nya (saja).


    saya sendiri masih bingung apa yang dimaksud dengan frame travel
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenis fork hanya salah satu unsur penentu jenis mtb, disamping frame dan part lainnya.

      Hapus
  17. mas.., saya ingin punya fork yang bagus, namun murah..he..he, sepeda MTB rakitan saya dengan frem GIANT xtc.., untuk saya gunakan di jalan raya saja, tolong ya mas.., dimana dan berapa harganya..( Subagio/Singkawang - Kalbar)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baiknya langsung ke toko sepeda atau part di sekitar agan, biar lebih jelas terutama tentang ketersediaan dan harga barangnya.

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  19. Mas kalau patrol 4621 AM baiknya menggunakan ukuran travel fork berapa ya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk AM kisaran ukuran 120-170mm.
      Sesuaikan dengan medan dan kebutuhan.

      Hapus
  20. dari segi penampilan dan kenyamanan mas wahyu antara T 100 dan T 120 OK yang mana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo penampilan, pilih T120 saja.
      Kalo kenyamanan, tergantung medannya.
      Untuk tanjakan, pilih t100 (karena pilihannya antara t100 dan t120).

      Hapus
  21. Menambahkan.
    Jenis fork hanya salah satu unsur penentu jenis mtb, disamping frame dan part lainnya. Jadi, penggantian fork tidak serta merta merubah jenis mtb.
    Misal, frame type cross country tetap saja tidak bisa menjadi type downhill meskipun sudah diganti fork untuk downhill.
    Hal ini berlaku juga untuk sebagian besar part mtb.
    So, sesuaikan type dan jenis fork dengan jenis dan type mtb sobat.
    Salam gowes.

    BalasHapus
  22. gan mau tanya bolehkan hehe maaf newbie
    sepeda saya Pacific Tranzline 500&Tractor3.0
    kalo yg Tranzline buat tanjakan kuat ga ya?
    kalo ga kuat harus ganti Fork apa ?
    minta saranya ya gn hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai ukuran dibawah 120mm.
      Diatas 120mm kayuhan akan berat saat medan tanjakan.

      Hapus
  23. mau nanya ni om, kl fork yang bahan stanchionnya gk bs karatan (bkn stainless) warna kuning tu jenis apa y? apa magnesium itu y?

    BalasHapus
  24. maaf mo nanya ni om
    Kalo patrol 4621 dikasih travel 180 yg spek dh aman gak y? kalo dipakek downhill?
    Da resiko frame patah gak y?
    Makasih om
    Salam goweser

    BalasHapus
    Balasan
    1. Frame Patrol 4621 termasuk jenis all mountain, bukan untuk downhill.
      Saran saya, demi kemanan, jangan paksakan sepedah anda melebihi batas kemampuan dan spesifikasi.

      Hapus
  25. om bos mau numpang nanya,bisa kagak travel fork xcr dari 100 ditinggikan ke 120?kalo bisa caranya dgn ngerubah apa om bos??terima kasih atas pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, cara paling aman untuk menaikkan ukuran travel fork, dengan cara bawa beberapa lembar uang ratusan ribu buat beli fork baru.
      Be safe.....

      Hapus
  26. frame xtrada 3 upgrade ke fork travel 120 yang sblmnya cm 100 apa itu jd masalah? takut patah hehe terima kasih

    BalasHapus
  27. Gan sepeda wimcycle road tech dx bisa ditinggiin gak fork nya fork nya xct sr suntour

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar stang nya tambah tinggi jg biar kaya dj

      Hapus
  28. gan kalo fork ukuran 27,5 bisa di ganti dengan ukuran 26 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja gan tergantung kebutuhan tapi kalau frame nya sdh 27,5 jadinya gak pas nantinya

      Hapus
  29. Maaf mas mau tanya. harga fork fox kisaran 3jt ada ga ya mas. Nyari d gugel ko diatas 5 jeti smua
    -__- Terimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengetahuan saya masih kalah sama Google gan.
      Setahu saya, harga paling murah masih sekitar 4,5jt untuk tipe FOX 32 float C.T.D FIT 120mm 26 QR15 Tapered Black Fork 2013

      Hapus
  30. Mau nanya mas....mtb sy beli the 2000an....forknya sdh rusak. May saya ganti. Apakah akan cocok dengan frame lama sy. Maksudnya diameter batang atas fork dengan bagian framenya.

    BalasHapus
  31. mas mau tanya, kalo sepeda thrill ricochet itu bisa dan kuat untuk track downhill nggak mas, trus kira" pake rearshocknya yg travel brpa juga mas? karna di lihat dari desain framenya kuat gak mas ?makasih, mohon sharing

    BalasHapus
  32. Sepeda ukuran 26"...pakai fork travel 120 cocok ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kebutuhan anda untuk XC ringan atau berat karena travel 120 diperuntukkan untuk tanjakan dan turunan ringan..salam semoga bermanfaat

      Hapus
  33. Mas mau nanya, saya pake adrenaline TR2 , travel 120mm, kalo saya ganti shock depan dengan yg model downhill bisa ga? Yg mirip shock upsidedown KLX gitu tu...makasih ya mas

    BalasHapus
  34. Mas mau nanya, saya pake adrenaline TR2 , travel 120mm, kalo saya ganti shock depan dengan yg model downhill bisa ga? Yg mirip shock upsidedown KLX gitu tu...makasih ya mas

    BalasHapus
  35. Mas mau nanya..saya make adrenalineTR2 utk maen tanah..travelnya 120mm, kalo saya ganti pake fork yg tinggi mirip USD klx gitu bisa ga ya? Thanks...

    BalasHapus
  36. Mas mau nanya..saya make adrenalineTR2 utk maen tanah..travelnya 120mm, kalo saya ganti pake fork yg tinggi mirip USD klx gitu bisa ga ya? Thanks...

    BalasHapus
  37. mas tanya nih, empukan fork rst blaze apa xcm ya, mksh infonya

    BalasHapus
  38. Mas kalo forknya 100mm stemnya pakai 60mm cocok gak, mohon bimbingannya

    BalasHapus
  39. Apa XC bisa di jadikan DH/AM???

    BalasHapus
  40. Gan mau tanya kalo frame dan whellset ukuran 26 pakai fork ukuran 27,5 bisa tidak ya? Kalau bisa apakah ada dampak atau masalah yg ditimbulkan? Mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  41. Misi bang mau nanya, saya punya sepeda Ricochet 3, klo pake fork travel 140/160 aman ga ya Frame nya untuk Jump..??

    BalasHapus
  42. Misi bang mau nanya, saya punya sepeda Ricochet 3, klo pake fork travel 140/160 aman ga ya Frame nya untuk Jump..??

    BalasHapus
  43. Selamat pagi Om, mohon pencerahan tepered G2 dan A1 pada Rockshox RS1 apa bedanya, trimks

    BalasHapus
  44. numpang tanya agan yg baek hati dan ramah tama...ane kan punya polygon broadway 3,0 yg pada dasarnya hanya cocok untuk d jalan2 kota.. kira2 agar bisa maen d track rada2 hard apa aj yg harus d benahi... soalnya mau beli downhill masih kendala di dana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sarankan, jangan gunakan frame broadway untuk downhill. Karena frame downhill dibuat khusus, baik dari segi bahan, ukuran dan lainnya.
      Kalo anda minat di downhill, mungkin dengan mencicil bagian part, dari frame downhill dahulu baru part lainnya.

      Hapus
    2. Bro wahyu ane punya mtb xtrada 6 itu kalo boleh tau standartnya itu travel ukuran berapa rencana mau aku ganti yang lebih tinggi

      Hapus
  45. Mas mau nanya sebentar kalau fork ukuran 120mm buat dirt jump ada masalah gak ya ?

    BalasHapus
  46. Mohon saran para bro semua. Xtrada 5 maksimal travel upgrade ke berapa? Hati kecil berkata 140. Mngkn ada masukan...
    Dan mungkin ada info dgn budget kisaran 2jt. Trims.....

    BalasHapus
  47. saya newbie :D, mau tanya om, fork sepeda gunung bisa ga dipasang di sepeda fixie?

    sekian dan terimakasih

    BalasHapus
  48. saya newbie :D, mau tanya om, fork sepeda gunung bisa ga dipasang di sepeda fixie?

    sekian dan terimakasih

    BalasHapus
  49. Gan. Mohon pencerahan untuk dabomb rapid xc yg tiap hari libas jalan aspal dan rata, namun sekali kali maen ke tanjakan dan ke kebun teh. Pake fork apa?

    BalasHapus
  50. min..,,,saya pnya thrill oust 1.0 , pngen gnti fork merek RST titan atau venom, kira kira bisa dipasang dan cocok gk y?
    gmn min???

    BalasHapus
  51. Mas bro...MTB saya Pacific Esplendid 9.0 dgn fork 100. Pertanyaan saya... Bisakah fork tsb direparasi ukuran. Dari 100mm ke 120mm. Maklum, pengen ninggi'in fork depan tapi dgn minim budget. Kalah sama susu si kecil. :D

    BalasHapus
  52. mau tanya nih gan ane punya sepeda thrill ricochet mau tk pasangi fork travel 180 bisa gk ya? apakah ada efek di framenya ?

    BalasHapus
  53. Saya mau nanya nih gan , sayakan punya fork mrek zoom tracker 580 produksi lama tapi baru saya beli kemarin tapi dia punya yg oversize yg bisa dinaik turunin forknya dan ngak freeload , perbandingan dengan fork yang bisa Lock-on dan frealod apa ?keunggulannya dan kekurangannya!

    BalasHapus
  54. tinggi saya 158 cm, cocoknya pakai fork travel 100 atau 120 ya Gan

    BalasHapus
  55. Mas ana mau tanya... Ana punya sepeda Ricochet ana mau ganti stem... Kira2 ana bisa pake stem pendek untuk nanjak? Soalx kata teman untuk ngedwonhill enak pakai yg pendek.

    BalasHapus
  56. saya punya extrada 5.0 polyghon , pakai fork XCM SOUNTOR . kalau diganti titan, model apa yang enak ??? soalnya aku buka ..ada yang QR ADA YANG LOCK , JADI BINGGUUNG JADINYA..

    BalasHapus
  57. Salam bike.
    Hello om. Saya mau nanya ya om, beberapa hari yg lalu saya baru saja beli frame sepeda (thrill wreak 3.0), saya masih bingung untuk dipasingin fork yang mana, menurut om, fork yg pas untuk frame yg saya maksud (harga menjangkau) apa ngih? Mohon informasinya y om.

    Salam hormat

    BalasHapus
  58. Maaf mas, mau tanya siskiu D5 maximal panjang travel brapa?, bawaannya 120mm. Terimakasih

    BalasHapus
  59. Saya tinggi 168 cm, saya mau freeride/downhill,mohon info nya berapa ukuran sepeda yg cocok buat saya,26", 27,5" atau 29" untuk jalan universal,terimakasih

    BalasHapus
  60. Gans saya beli sepeda baru bawaan pabrik travelnya 80mm apa bisa upgrade ke 120 cocok apa enggak Gans trims

    BalasHapus
  61. mas... saya pakai santa cruz heckler... sebelumnya saya pakai fork bomber travel 140... nah sekarang saya ganti pake santour 180 durolux, kira2 gimana ya gan? apakah juga akan mempengaruhi kenyamanan dalam gowes onroad nya gan?

    BalasHapus
  62. gan ane mau tnya.. travel fork ada 2 macem warna ada yang kuning keemasan dan putih seperti crhome dan ada yang warna hitam tu apa dari segi pewarna an ato emang bahannya tidak sama?? semisal contoh fork sekelas SRT.

    BalasHapus
  63. Mas, mw tanya suntour xcm vs rst blaze mendingan yang mana ya

    BalasHapus
  64. Mas, mw tanya suntour xcm vs rst blaze mendingan yang mana ya

    BalasHapus
  65. Mo tnya bang,,,,gmn cara menurunkan tinggi travel airfork bang?mksih mklumpemula:)

    BalasHapus
  66. Mas sepeda saya united detroid 2 bawaan fork travel 100, rencana mau saya ganti sountour xcm travel 120 apa bisa mas

    BalasHapus
  67. Mas..mohon pencerahan saya pakek sepeda pacific aviator 2.0 mau upgrade fork buat medan agak cross cocok fork ukuran berapa yaa mas....

    BalasHapus
  68. mas mau tanya sepeda saya travelnya 120mm kalau mau di naikin ke 140mm frame kuat ngga yah?

    BalasHapus
  69. Gan saya punya sepeda mtb yg fork aslinya ukuran t80 mm, dan saya ingin menggantinya dengan yg ukuran t100 mm, nah, apa nanti letika di pasang itu akan cocok dengan sepedanya?

    BalasHapus
  70. Misi om, mau tanya, sepeda saya united miami fork depan masih biasa, jika saya ganti fork depan, menurut om enaknya pake yang ukuran berapa?tkhns

    BalasHapus
  71. Gan saya mau tanya..
    Frame sy giant trance X size 26,,klo dipasang fork 27,5 travel 120 kira2 bisa gk ya??

    BalasHapus
  72. Bosku mau tanya speda saya kan framenya 27.5 kalo forknya mau ganti sama rst omega ukuran 26 apakah bisa danapakah ada minusnya atau dampaknya.. Makasi pabosku salam tanah merah heee

    BalasHapus
  73. Gan saya mau tanya nih , saya awam bgt ke spedah , kalo ga di kasih sama sodara mungkin ga berspedah hhehe ,
    Mau tanya kalo soal fork ada perawatan khusus ga ya ? Spedah saya polygon broadway 3.0 fork yang cocok buat jalur yg kaya perbukitan gitu pake uk brapa ya ?
    Makasih 🙏🙏

    BalasHapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  75. maaf gan, saya mau nanya
    1. Perbedaan suntour xct xct xcm dan peruntukannya?
    2. Diantara fork merk ini evo ion srt oxo dll dengan kisaran harga 400-600 mana yang paling bagus/tahan banting menurut agan dan paling banyak dipake goweser atau mungkin ada saran merk lain dari agan.
    terimakasih untuk jawabannya

    BalasHapus
  76. Maaf saya pemula, pake Pasific tranzline 500 dgn fork 80mm kalo mau diganti dgn fork 100mm bisa kah? Dan komponen apa saja yg perlu diganti/sesuaikan? Terimakasih

    BalasHapus
  77. Maaf gan, mau nanya nih, apakah sr suntour epixon 26" Travelnya bisa di adjust?

    BalasHapus
  78. Mas mau tanya.. berat saya 55 kg. Saya bingung pilih fork rstblaze t120 lock apa rstomega t120 lock yang cocok gmn mas?

    BalasHapus
  79. Bang sepeda wimcycle RC di kasih travel 120 bisa dan aman ndk ya?

    BalasHapus
  80. Mas sepeda united deteoit 1.0 keterangan di frame kan maksimal fork traver 100 mm kalau sy pasang travel 120mm bisa kah. Dan refrsinya fork yang cocok nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus ikutin petunjuk dr pabrik lur. Kalau maksimal 100mm ya jangan di paksain lebih. Ntar geometri sepedanya berubah. Dan berpengaruh pada kulitas ridingnya. Emang enak lur travel besar2. Tp andaikata sepeda sampean jd ndangak gimana? Ntar pas tanjakan auto jemping2 sendiri.

      Hapus
  81. Mas mau tanya,frame 27.5 pakai fork 26 apa bisa.

    BalasHapus
  82. mas mau nanya sepeda united anvand frame 26 dikasih sekok frame 27.5 bisa nyaman gk

    BalasHapus
  83. Maaf mau tanya mas, klo patrol 511 (1.75) pake fork DH gimana bisa gk..mohon sarannya... 🙏

    BalasHapus
  84. Mas, bisa nggak ya fork mtb united 1.00 diganti dengan shock depan motor ?

    BalasHapus
  85. Om xtrada 7 apa mampu menggunakan fork 140mm digunakan untuk traill semi am ?

    BalasHapus
  86. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  87. Perbedaan tinggi fork antara travel 100, 120 dan 140 berapa ya

    BalasHapus
  88. om mau tanya ini saya pake fork travel 100mm itu kira-kira bisa ga ya pake ban uk 27,5 dan frame saya juga uk 26inch, itu kira-kira bisa ga ya upgrade ke 27,5? terimakasih

    BalasHapus
  89. Bang mau tanya kalau fork 26 dopasang ban 27.5 kira kira problem gak?

    BalasHapus
  90. Om bsa ksih saran gak fork yg bagus buat upgrade sisiku D5 buat ngetrail..

    BalasHapus
  91. Gan mau nanya nih ane punya fork rst xcm travel 130 mohon pencerahan itu buat ban 27.5 apa 26 ya??????

    BalasHapus
  92. Maaf gan mau tanya apakah fork venom elite bisa diturunin trafelnya dari 160 ke 140...
    Kalo bisa tutorialnya.
    Makasi

    BalasHapus